Usaha yang dapat dilakukan manusia untuk menanggulangi lingkungan hutan yang gundul seperti

Usaha yang dapat dilakukan manusia untuk menanggulangi lingkungan hutan yang gundul seperti

Dalam artikel ini akan memberikan ulasan dan kunci jawaban soal usaha yang dapat dilakukan manusia untuk menanggulangi lingkungan hutan yang gundul seperti.

 

Nah, untuk lebih jelasnya bisa kamu simak pembahasan soalnya dibawah ini

 

Soal

Usaha yang dapat dilakukan manusia untuk menanggulangi lingkungan hutan yang gundul seperti

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Usaha yang dapat dilakukan manusia untuk menanggulangi lingkungan hutan yang gundul seperti melakukan reboisasi, melakukan tebang pilih, tidak membakar hutan.

 

Pembahasan

Hutan gundul memiliki dampak negatif terhadap lingkungan. Selain merusak ekosistem lingkungan, hutan yang gundul akan menimbulkan bencana alam seperti banjir bandang. Bencana tersebut tentunya akan menimbulkan kerugian, selain merusak lingkungan, merusak infrastruktur, banjir bandang dapat menimbulkan korban jiwa. Jadi kita harus menjaga dan melestarikan hutan. Kita harus bisa mencegah deforestasi.

 

Usaha Mencegah Hutan Gundul

  1. Tebang pilih

Saat ini masih banyak masyarakat yang menggunakan kayu di hutan. Namun, lebih baik menerapkan sistem tebang pilih. Sistem ini memiliki kayu tua. Jadi jangan memotong kayu yang masih muda dan belum dewasa. Inilah yang sering terjadi, keserakahan manusia menebang semua kayu di hutan tanpa menanamnya kembali.

 

  1. Legal

Bagi yang memiliki usaha dari hasil hutan khususnya kayu sebaiknya menggunakan usaha yang legal. Bisnis ilegal juga dapat merugikan negara Indonesia karena pemasukan negara sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. Bisnis ilegal saat ini semakin meresahkan karena membuat hutan menjadi gundul. Mereka mengambil kayu tanpa penanaman kembali.

 

  1. Reboisasi

Ketika kita menebang pohon, kita juga harus menanam pohon. Ketika satu pohon mati, pohon lain akan tumbuh kembali. Jika manusia menerapkan hal ini, tentunya kelestarian hutan dapat terjaga. Sehingga kelestarian hutan akan tetap terjaga.

 

  1. Tidak Membakar Hutan

Hutan gundul juga dapat terjadi karena kebakaran hutan. Kebakaran yang disebabkan oleh manusia ini dapat menyebabkan beberapa pohon rusak bahkan mati karena ikut terkena dampak kebakaran hutan. Api dapat dengan cepat menyebar luas karena terbawa angin