Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi mutu barang

Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi mutu barang

Dalam artikel ini akan membahas materi dan kunci jawaban soal sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi mutu barang

 

Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi mutu barang? Simak pembahasan di bawah ini.

 

Soal

Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi mutu barang

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Faktor-faktor yang mempengaruhi mutu barang:

  • Fungsi produk
  • Wujud luar
  • Biaya produk
  • Pasar
  • Uang
  • Manajemen
  • Material
  • Mesin dan Mekanik
  • Persyaratan proses produksi

 

Pembahasan

Faktor-faktor yang mempengaruhi mutu barang:

Mutu dipengaruhi oleh faktor yang akan menentukan bahwa suatu barang dapat memenuhi tujuannya. Oleh karena itu, mutu merupakan tingkatan pemuasan suatu barang. Tingkat mutu tersebut ditentukan oleh beberapa faktor :

  1. Fungsi produk

Fungsionalitas produk berkaitan dengan kegunaan dan manfaat produk.

Baca Juga:  Pihak yang paling berperan dalam meningkatkan perekonomian Indonesia

 

  1. Wujud luar

Faktor penampilan fisik dan luar produk tidak hanya menunjukkan isi dan bentuknya, tetapi juga warna dan kemasannya.

 

  1. Biaya produk

Biaya produk adalah biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh suatu barang, misalnya harga produk dan harga barang untuk sampai ke tangan konsumen.

 

  1. Pasar

Pasar atau target pasar adalah jangkauan yang memungkinkan pelanggan membutuhkan produk atau komoditas dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga konsumen dapat memesan dan mendapatkan produk sesuai dengan yang diinginkan. Penambahan perusahaan juga menyebabkan pasar menjadi internasional dan global.

 

  1. Uang

Kebutuhan mekanisasi dan otomatisasi dalam menciptakan produk menyebabkan biaya yang lebih tinggi. Penambahan investasi pabrik harus berjalan seiring dengan peningkatan produktivitas. Karena jika ada barang yang rusak dan produksi ulang bisa mengakibatkan kerugian yang besar. Oleh karena itu, kualitas produk juga harus berkaitan dengan biaya atau uang.

Baca Juga:  Seberapa besar peranan bumn dalam perekonomian Indonesia

 

  1. Manajemen

Tanggung jawab atas kualitas produk juga dipengaruhi oleh manajemen yang mengatur dan merancang produksi. Manajemen diharapkan mengalokasikan tanggung jawab yang tepat untuk memperbaiki penyimpangan yang mungkin terjadi dari standar kualitas.

 

  1. Manusia

Manusia atau laki-laki dalam hal ini berperan sebagai pencipta dan agen pertumbuhan pengetahuan teknis dalam bidang baru seperti elektronika komputer. Ini menciptakan permintaan untuk insinyur sistem yang berperan merencanakan, membangun, dan mengoperasikan berbagai sistem yang suatu hari dapat menjamin hasil.

Baca Juga:  Pencantuman nomor akun dibawah kolom jumlah pada jurnal pembelian menunjukkan bahwa

 

  1. Bahan

Material atau bahan baku dipilih dengan batasan yang lebih ketat demi menjaga persyaratan kualitas dan biaya produksi. Faktor-faktor ini menyebabkan spesifikasi bahan yang ketat dan variasi bahan yang lebih banyak.

 

  1. Mesin dan mekanik

Machines and mechanics atau mesin dan mekanisasi adalah media yang digunakan perusahaan untuk mengurangi biaya produksi dan volume. Agar pelanggan puas dan terdorong untuk menggunakan peralatan pabrik menjadi lebih canggih juga tergantung dari kualitas material yang dimasukkan ke dalam mesin.

 

  1. Persyaratan proses produksi

Kemajuan pesat dari perencanaan produk membutuhkan kontrol yang ketat dari seluruh proses pembuatan produk. Meningkatnya kebutuhan dalam produksi barang juga menekankan pentingnya keandalan produk.