Jelaskan mengenai sumber energi panas disertai contohnya

Jelaskan mengenai sumber energi panas disertai contohnya

Dalam artikel ini akan memberikan kunci jawaban soal jelaskan mengenai sumber energi panas disertai contohnya

 

Soal

Jelaskan mengenai sumber energi panas disertai contohnya

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Pengertian Sumber Eneri Panas

Sumber energi panas adalah segala sesuatu yang dapat menghasilkan panas.

 

Energi panas adalah bentuk energi yang terbentuk di kerak bumi. Namun, Anda bisa mendapatkan energi panas dari berbagai sumber. Misalnya sumber energi panas yang berasal dari matahari, panas bumi, api, listrik, atau gesekan dua benda. Energi kalor yang dapat berpindah tempat disebut energi kalor.

Baca Juga:  Hubungan antara tekanan, gaya dan luas bidang tekan, berikut ini yang tidak sesuai adalah

 

Contoh Sumber Energi Panas

  1. Sumber Energi Panas Matahari

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa matahari adalah salah satu sumber energi panas terbesar di alam semesta. Meski begitu panas, matahari mampu menerangi bumi dan seisinya dan tentunya memberikan banyak manfaat bagi makhluk hidup di bumi. Tidak hanya bermanfaat bagi manusia, matahari juga memiliki banyak manfaat bagi hewan dan tumbuhan.

Baca Juga:  Budi mendorong gerobak dengan kedua tangganya dan membutuhkan gaya sebesar 90 newton. Apabila luas sebuah telapak tangan adalah 150 cm2, maka tekanan yang diberikan budi pada gerobak adalah sebesar

 

  1. Sumber Energi Panas Bumi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, energi panas adalah energi yang berasal dari perut bumi. Salah satu contohnya adalah panas bumi. Energi panas yang satu ini berasal dari bebatuan yang ada di dalam bumi. Energi ini juga dikenal sebagai energi panas bumi. Umumnya, energi panas bumi digunakan sebagai sumber energi alternatif untuk pembangkit listrik. Biasanya sumber energi panas bumi juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber pemanas pada bangunan.

Baca Juga:  Perubahan fisika yang terjadi pada proses kimia dapat diamati dari perubahan

 

  1. Sumber Energi Panas Api

Sumber energi panas selanjutnya yang ada di sekitar kita adalah api. Api adalah sumber panas yang dapat dihasilkan dari pembakaran batu bara, bahan bakar minyak, gas, dan kayu.