konstitusi dalam pengertian sempit adalah

Konstitusi dalam pengertian sempit adalah

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Konstitusi dalam pengertian sempit adalah dokumen yang disahkan yang menetapkan struktur dan fungsi utama lembaga-lembaga pemerintah suatu negara dan menetapkan prinsip-prinsip atau peraturan di mana lembaga-lembaga tersebut beroperasi, sebagaimana dinyatakan dalam satu atau lebih dokumen tertulis. Di Indonesia, konstitusi dalam arti sempit yang selalu berlaku adalah UUD 1945, undang-undang sementara, dan segala aturan dasar penyelenggaraan suatu negara.

 

Pembahasan

Pengertian Konstitusi

Konstitusi berasal dari bahasa Perancis “constitute” yang berarti membentuk. Dengan demikian, istilah konstitusi dimaksudkan untuk pembentukan negara atau susunan dasar (awal) pembentukan negara. Istilah konstitusi dapat disamakan dengan hukum dasar atau konstitusi.

Baca Juga:  Jelaskan perbedaan peradilan dan pengadilan

 

Pengertian konstitusi menurut para ahli

Herman Heller, membagi pengertian konstitusi menjadi 3 :

  1. Konstitusi dalam arti politik sosiologis. Konstitusi mencerminkan kehidupan politik dalam masyarakat sebagai suatu kenyataan.
  2. Konstitusi adalah kesatuan aturan yang hidup dalam masyarakat dan kemudian dijadikan sebagai kesatuan aturan hukum (dalam hal ini mengandung makna hukum).
  3. Konstitusi tertulis dalam teks sebagai hukum yang tinggi dan berlaku di suatu negara.
Baca Juga:  Sebutkan 5 Pilar Poros Maritim Dunia

 

Menurut KC Wheare, konstitusi sebagai “keseluruhan sistem ketatanegaraan suatu negara, berupa seperangkat peraturan yang membentuk, mengatur atau mengatur pemerintahan suatu negara”.

 

Profesor Prayudi Atmosudirdjo merumuskan konstitusi sebagai berikut:

  1. Konstitusi suatu negara merupakan hasil produk sejarah dan proses perjuangan bangsa yang bersangkutan.
  2. Konstitusi suatu negara merupakan rumusan dari falsafah, cita-cita, kehendak dan perjuangan rakyat Indonesia.
  3. Konstitusi merupakan cerminan jiwa, cara berpikir, mentalitas, dan budaya suatu bangsa.

 

Kedudukan Konstitusional

Konstitusi menempati tempat yang sangat penting dalam kehidupan ketatanegaraan suatu negara, karena konstitusi menjadi barometer kehidupan berbangsa dan bernegara yang penuh dengan kesaksian sejarah perjuangan para pendahulunya. Selain itu, konstitusi juga memuat gagasan-gagasan dasar yang digariskan oleh para founding fathers, serta perilaku negara yang dipimpinnya.

Baca Juga:  Sebutkan tiga contoh kegiatan bermusyawarah

 

Konstitusi biasanya memuat unsur-unsur dasar suatu negara. Hal-hal pokok adalah aturan-aturan atau standar-standar dasar yang dijadikan pedoman utama bagi negara.

 

Walaupun konstitusi-konstitusi yang ada di dunia ini berbeda tujuan, bentuk dan isinya, namun pada umumnya memiliki kedudukan formal yang sama, yaitu sebagai  hukum dasar dan hukum tertinggi.