Review NordVPN

VPN dapat membantu meningkatkan privasi Anda secara online dengan membuat Anda lebih sulit melacak dan mencegah ISP Anda mengintip aktivitas online Anda. NordVPN menawarkan sedikit segalanya selain perlindungan VPN dasar itu. Ini memiliki koleksi server yang besar dan beragam, gudang alat yang jarang terlihat, serta praktik privasi dan keamanan yang kuat. Beberapa fitur canggih NordVPN, seperti Meshnet, unik dan membantu membenarkan biayanya yang tinggi. Lainnya, seperti Perlindungan Ancaman, kurang. Secara keseluruhan, itu tetap menjadi pemenang Pilihan Editor.

 

Berapa Biaya NordVPN?

Seperti banyak perusahaan VPN, NordVPN telah berkembang melampaui perlindungan VPN dan sekarang menawarkan pengelola kata sandi NordPass dan penyimpanan file terenkripsi NordLocker. NordVPN sekarang menawarkan layanan ini yang dibundel dengan langganan VPN. Paket Standar ($11,99 per bulan atau $59,88 untuk tahun pertama dan $99,48 untuk setiap tahun setelahnya (Buka di jendela baru)) hanya mencakup perlindungan VPN. Tingkat Plus ($12,69 per bulan atau $68,28 untuk tahun pertama dan kemudian $126,96 per tahun) menambahkan pengelola kata sandi NordPass dan pemindaian pelanggaran data ala HaveIBeenPwned. Tingkat Lengkap ($13,99 per bulan atau $83,88 untuk tahun pertama dan kemudian $198,84 per tahun) menghasilkan 1TB penyimpanan cloud terenkripsi. NordVPN juga menawarkan langganan dua tahun seharga $95,76, $112,56, dan $143,76 untuk tingkat Standar, Plus, dan Lengkap. Ini memperbarui dengan tarif tahunan masing-masing pada basis per tahun.

 

Meskipun mungkin menarik untuk melakukannya, kami menyarankan untuk tidak segera mencari rencana jangka panjang yang didiskon. Sebagai gantinya, mulailah dengan paket jangka pendek sehingga Anda dapat mencoba layanan VPN di rumah Anda.

 

Anda dapat membayar dengan Amazon Pay, semua kartu kredit utama, cryptocurrency melalui CoinGate, Google Pay, PayPal, dan Plaid. Pada tulisan ini, biaya rata-rata untuk layanan VPN yang telah kami ulas adalah sekitar $9,90 per bulan dan $67,37 per tahun. Ini menempatkan NordVPN di sisi yang mahal.

 

Anda pasti bisa mendapatkan langganan VPN teratas dengan harga lebih murah. Pemenang Pilihan Editor Mullvad VPN, misalnya, hanya seharga 5 euro ($5,03 USD pada saat penulisan) per bulan, dan pilihan teratas Proton VPN memiliki semua fitur yang sama (tetapi dengan server yang lebih sedikit) hanya dengan $9,99 per bulan. Dengan $29,99 per tahun, Kaspersky Secure Connection VPN dan Ivacy VPN terkenal karena memiliki biaya tahunan terendah dari VPN tidak gratis yang telah kami uji.

 

Ada juga beberapa VPN gratis yang layak dipertimbangkan. Meskipun semua VPN gratis memiliki batasan, Proton VPN adalah salah satu dari sedikit yang kami uji yang tidak membatasi jumlah data yang dapat digunakan pelanggan gratis. NordVPN telah menghentikan penawaran uji coba gratisnya, dengan menyatakan bahwa penipu memanfaatkannya.

 

Apa yang Anda Dapatkan untuk Uang Anda?

NordVPN memungkinkan Anda menggunakan hingga enam perangkat secara bersamaan. Layanan VPN rata-rata membatasi Anda hingga lima koneksi seperti itu, tetapi itu mulai berubah. Avira Phantom VPN, IPVanish VPN, pemenang Pilihan Editor, Surfshark VPN, dan Windscribe VPN memungkinkan jumlah perangkat yang tidak terbatas untuk terhubung sekaligus.

 

NordVPN menawarkan alamat IP statis seharga $5,83 per bulan ($70,00 per tahun). Anda dapat memilih alamat untuk Prancis, Jerman, Belanda, Inggris, atau Amerika Serikat. Alamat IP statis dapat membantu mencegah koneksi VPN Anda diblokir, terutama jika Anda terhubung ke wilayah yang sama secara konsisten. Sementara layanan VPN lain menawarkan IP statis sebagai add-on, prosesnya jauh lebih rumit (Buka di jendela baru) dengan NordVPN dan benar-benar ketinggalan dari sudut pandang layanan pelanggan.

 

Salah satu aspek luar biasa dari NordVPN adalah berbagai alat tambahan yang disediakannya untuk meningkatkan privasi Anda. NordVPN, Proton VPN, dan VPNArea adalah satu-satunya tiga perusahaan VPN yang kami uji yang menyediakan akses langsung ke jaringan anonimisasi Tor. Ini membuatnya semakin sulit untuk melacak koneksi Anda, dan memungkinkan Anda mengakses situs web tersembunyi, meskipun dengan kecepatan yang sangat berkurang. Namun, Anda dapat mengakses Tor secara gratis.

Baca Juga:  Cara Daftar Mitra Resmi Higgs Domino

 

NordVPN juga mendukung koneksi multi-hop, yang disebutnya Double VPN. Ini merutekan koneksi Anda melalui server VPN kedua, bukan hanya satu. Dengan begitu, jika salah satu bagian koneksi terganggu, Anda dapat yakin bahwa koneksi Anda masih aman.

 

Terowongan terpisah memungkinkan Anda menentukan aplikasi mana yang merutekan lalu lintasnya melalui koneksi VPN, dan aplikasi mana yang berjalan dengan jelas. NordVPN mengambil pendekatan yang menarik dengan fitur ini, memungkinkan Anda meminta atau melarang koneksi VPN untuk aplikasi. NordVPN dan Proton VPN adalah di antara sedikit produk yang menawarkan tunneling terpisah, akses ke Tor melalui server VPN, dan koneksi multi-hop.

 

NordVPN menyertakan fitur Perlindungan Ancaman(Buka di jendela baru) (sebelumnya dicap sebagai “CyberSec”), yang melampaui perlindungan VPN biasa. Perusahaan mengklaim fitur ini dapat memblokir situs berbahaya, mendeteksi malware, dan memblokir pelacak dan iklan. Perusahaan lain, seperti Surfshark VPN telah berkembang ke wilayah yang sama, sementara beberapa perusahaan antivirus telah pergi ke arah yang berlawanan dan mulai memasukkan VPN dengan produk antivirus tradisional mereka. Seperti yang kami jelaskan, kami menemukan fitur Perlindungan Ancaman NordVPN kurang, dan merekomendasikan untuk menggunakan antivirus mandiri sebagai gantinya. Perhatikan bahwa aplikasi NordVPN mengatakan bahwa ini adalah fitur Beta, sehingga kinerjanya dapat berubah.

 

NordVPN baru-baru ini mengumumkan fitur baru bernama Meshnet(Buka di jendela baru), yang memungkinkan Anda terhubung ke salah satu perangkat Anda sendiri melalui VPN. NordVPN juga telah membuat sistem di mana Anda dapat berbagi akses ke perangkat Anda dengan anggota NordVPN lain yang Anda setujui. Itu berbeda dari Hola VPN, dan lainnya, yang menggunakan pelanggan sebagai simpul keluar untuk koneksi. Perusahaan menyarankan bahwa ini bisa berguna untuk akses dan kolaborasi file jarak jauh, atau bahkan game LAN jarak jauh. Menurut kami aplikasi yang paling praktis adalah mengakses web melalui komputer di rumah saat Anda bepergian ke luar negeri. Selain itu, NordVPN sekarang memungkinkan pelanggan untuk menggulung instans NordVPN yang dihosting sendiri.

 

Selain platform yang disebutkan dalam ulasan ini, NordVPN mendukung Linux. Anda juga dapat mengonfigurasi beberapa router untuk terhubung melalui NordVPN. Melakukannya menyediakan cakupan untuk semua perangkat di jaringan Anda, termasuk perangkat rumah pintar yang tidak dapat menjalankan VPN sendiri.

 

Meskipun berguna, VPN tidak dapat melindungi dari semua penyakit. Kami sangat menyarankan untuk mengaktifkan otentikasi multi-faktor sedapat mungkin, membuat kata sandi yang kompleks dan unik untuk setiap situs dan layanan dengan pengelola kata sandi, dan menggunakan perangkat lunak antivirus.

 

Di Mana Lokasi Server NordVPN?

NordVPN menawarkan server di 59 negara(Buka di jendela baru) dan menyediakan keragaman geografis yang baik dengan servernya. Namun, perusahaan VPN lain mengunggulinya. ExpressVPN, misalnya, mencakup 94 negara.

 

Sebagian besar server NordVPN berada di AS dan Inggris, yang tidak biasa bagi perusahaan VPN. Namun, NordVPN juga memiliki campuran server yang cukup besar di seluruh dunia. Perusahaan saat ini menawarkan satu lokasi di Afrika (Afrika Selatan), benua yang diabaikan oleh sebagian besar layanan VPN lainnya.

 

Khususnya, NordVPN menawarkan server di Hong Kong, Turki, dan Vietnam, yang semuanya memiliki kebijakan internet yang membatasi. Perhatikan bahwa kami tidak membuat rekomendasi khusus untuk VPN agar tidak melewati sensor pemerintah, karena risiko kesalahannya terlalu tinggi.

 

Koleksi NordVPN menambahkan hingga 5.539 server, tetapi jaringan CyberGhost yang terdiri dari sekitar 8.700 server memimpin paket tersebut. Lebih banyak server tidak selalu berarti layanan yang lebih baik, tetapi memiliki banyak opsi umumnya berguna. Anda lebih mungkin menemukan satu di dekat Anda, dan yang di dekat Anda kemungkinan kecil akan macet oleh terlalu banyak pengguna.

 

Sejauh mesin itu sendiri berjalan, NordVPN baru-baru ini menambahkan beberapa server 10Gbps ke armadanya, menggantikan beberapa mesin 1Gbps. Perusahaan mengatakan upaya ini akan membantu menangani peningkatan data yang akan datang saat layanan 5G diluncurkan lebih luas. Kami tertarik untuk melihat bagaimana ini berkembang.

 

Salah satu topik yang sering muncul saat menghitung armada VPN adalah server virtual dan lokasi virtual. Server virtual adalah server yang ditentukan perangkat lunak, dan beberapa dapat di-host di satu mesin. Lokasi virtual adalah server yang dikonfigurasi untuk muncul di tempat lain selain lokasi fisiknya. Tidak ada yang secara inheren bermasalah, tetapi kami lebih memilih perusahaan untuk transparan tentang infrastruktur mereka. Perwakilan NordVPN memberi tahu kami bahwa semua servernya didedikasikan, bukan virtual, dan tidak ada lokasi virtual. Itu berarti server secara fisik berada di tempat yang mereka klaim, itulah yang ingin kami lihat.

Baca Juga:  Nico App, Aplikasi Yang Dapat Memudahkanmu Untuk Mendapatkan Keuntungan Taktis

 

NordVPN sedang berupaya untuk memindahkan semua servernya ke fasilitas yang berlokasi bersama, yang berarti pada akhirnya ia akan memiliki semua infrastruktur fisiknya. Perusahaan lain sudah dapat membanggakan memiliki server mereka, tetapi tidak ada yang sebesar NordVPN. Perusahaan memberi tahu kami bahwa proses ini sedang berlangsung dan bahwa 12% dari servernya berada di lokasi yang sama.

 

Pada tahun 2020, perusahaan menyelesaikan transisinya ke server tanpa disk atau “hanya RAM”. Ini adalah tindakan yang tahan terhadap kerusakan; tidak ada yang ditulis ke disk, jadi tidak ada yang bisa diperoleh dari merebut server. ExpressVPN dan beberapa perusahaan lain juga menggunakan teknik ini. Kebijakan Privasi NordVPN juga menguraikan beberapa perlindungan infrastruktur.

 

Apakah NordVPN Dapat Dipercaya?

Jika diinginkan, perusahaan VPN dapat memeriksa setiap bit informasi yang melewati sistemnya. Kami telah berbicara dengan perusahaan tentang upaya yang dilakukan untuk melindungi privasi pengguna dan membaca kebijakan privasinya. Kami tidak menemukan sesuatu yang mengkhawatirkan, meskipun kebijakan NordVPN kurang ramah pembaca dibandingkan VPN TunnelBear.

 

Dalam diskusi kami dengan perusahaan dan dalam kebijakan privasinya, NordVPN menjelaskan bahwa ia tidak mencatat “riwayat penelusuran, informasi lalu lintas, atau alamat IP yang digunakan untuk mengakses internet melalui layanan kami.” Begitulah seharusnya.

 

NordVPN tergabung dalam dan beroperasi di bawah yurisdiksi hukum Panama (perusahaan mengatakan bahwa ia memiliki kantor di negara lain selain Panama), di mana tidak ada undang-undang yang mengharuskan perusahaan untuk menyimpan data selama periode tertentu. Perusahaan mengatakan bahwa jika dipanggil, itu hanya akan menanggapi perintah pengadilan atau panggilan pengadilan yang dikeluarkan oleh pengadilan Panama.

 

Pada tahun 2022, NordVPN mengedit posting blog untuk mengklarifikasi bahwa itu menanggapi permintaan dari penegak hukum setelah sebelumnya menyatakan sebaliknya. Ketika kami menghubungi NordVPN, perusahaan menegaskan kembali posisinya bahwa perusahaan tidak dapat mencatat aktivitas pengguna. Untuk melakukannya akan membutuhkan NordVPN untuk mengatur ulang infrastrukturnya, kemungkinan yang menurut perusahaan sangat tidak mungkin.

 

Kebijakan privasi NordVPN dengan jelas menjabarkan pihak ketiga yang bekerja dengannya yang mungkin menerima informasi tentang pelanggannya, yang merupakan praktik yang cukup umum. Mullvad VPN, khususnya, tidak lagi menawarkan langganan berulang dan memiliki akses ke lebih sedikit data pelanggan.

 

NordVPN tidak memudahkan untuk menemukan nama perusahaan induknya, atau informasi tentang kepemimpinan perusahaan, di situs webnya. Beberapa informasi tersebut dapat ditemukan di halaman perusahaan Nord Security(Buka di jendela baru), namun. Seorang perwakilan perusahaan memberi tahu kami bahwa itu dimiliki oleh nordvpn s.a. (sebelumnya Tefincom S.A.). NordVPN tidak mengeluarkan laporan transparansi tentang permintaan informasi oleh penegak hukum, tetapi tetap mempertahankan surat perintah (Buka di jendela baru) yang menunjukkan bahwa ia belum menerima (Membuka di jendela baru) surat Keamanan Nasional, perintah pembungkaman, atau pemerintah apa pun -menerbitkan waran.

 

Kebijakan privasi NordVPN (Buka di jendela baru) menyatakan bahwa perusahaan tidak mencatat informasi sesi koneksi, bandwidth yang digunakan, log lalu lintas, alamat IP, atau data penelusuran. Sebagai gantinya, NordVPN mempertahankan nama pengguna dan waktu sesi terakhir, tetapi hanya selama 15 menit setelah Anda memutuskan sambungan dari VPN. Bagus. Ini baru-baru ini diverifikasi oleh audit pihak ketiga, yang diuraikan di bawah ini. Seorang perwakilan dari NordVPN meyakinkan kami bahwa perusahaan tidak mengambil untung dari penjualan data pengguna. Perusahaan tidak menghasilkan pendapatan dari sumber selain langganan pelanggan.

 

Pada 2 Februari 2022, NordVPN mengumumkan penggabungan dengan pemenang Pilihan Editor, Surfshark VPN. Siaran pers dari kedua perusahaan mengatakan hubungan baru akan memungkinkan mereka untuk mengembangkan produk yang lebih baik dan fokus pada segmen pasar yang berbeda. “Kedua perusahaan akan terus beroperasi secara mandiri dan mengandalkan infrastruktur dan peta jalan produk yang terpisah,” kata siaran pers. Reporter PCMag Michael Kan diberitahu bahwa ini bukan akuisisi, melainkan merger. Kedua perusahaan (nordvpn s.a. dan Surfshark VPN) akan dimiliki oleh Cyberspace, perusahaan induk yang terdaftar di Belanda.

Baca Juga:  Cara Beli Chip Higgs Domino Murah Via Pulsa 3000

 

Perlindungan Lemah untuk Penjelajahan Web Anda

Perlindungan Ancaman NordVPN “menjaga Anda saat menjelajahi web” dengan dua cara. Pertama, itu mengalihkan browser Anda dari halaman berbahaya yang diketahui. Kedua, ia memindai file apa pun yang Anda unduh dan menghapus yang dikenalinya sebagai malware. Tapi apakah itu berhasil? Kami mengujinya dengan cara yang sama seperti kami mengevaluasi produk antivirus apa pun.

 

Pengujian ini dimulai dengan kumpulan halaman web hosting malware yang disediakan oleh para peneliti di MRG-Effitas(Buka di jendela baru). Biasanya, URL tidak lebih dari beberapa hari. Kami meluncurkan setiap URL, membuang semua yang tidak dimuat dengan benar, dan mencatat apa yang dilakukan produk keamanan. Jika itu memblokir akses ke situs web atau menghilangkan unduhan malware, itu ada benarnya, tetapi jika itu diam, mengabaikan bahaya, itu tidak mendapat apa-apa. Setelah menguji 100 tautan, kami menjalankan angkanya.

 

Hasil NordVPN benar-benar tidak mengesankan. Perlindungan Ancaman hanya memblokir 6% sampel dengan mengalihkan browser dari URL hosting malware. Ini menghilangkan 55% lainnya dengan mengidentifikasi dan menghapus muatan malware, dengan total 61%. Hanya segelintir produk yang mendapat skor lebih rendah, di antaranya Surfshark One, pasangan VPN plus antivirus dari pesaing NordVPN. Kami harus mencatat lagi bahwa aplikasi NordVPN mengatakan Perlindungan Ancaman adalah fitur beta, jadi kinerjanya mungkin bervariasi.

 

Di ujung lain spektrum, McAfee, Norton, Sophos, dan ZoneAlarm semuanya mendapat skor 100% dalam tes ini. Skor ZoneAlarm patut diperhatikan karena menangani setiap kasus dengan menganalisis dan menghilangkan unduhan malware.

 

Memblokir Iklan dan Pelacak Online

Perlindungan Ancaman juga berjanji untuk menjaga penjelajahan web Anda bebas dari iklan dan pelacak. Untuk memeriksa fitur pemblokiran iklan, kami cukup mengunjungi beberapa situs web yang sarat iklan di sistem dengan NordVPN terpasang dan di sistem lain tanpa komponen pemblokiran iklan. Pemblokir iklan terlihat melakukan tugasnya, menghapus iklan inline, iklan popup, iklan slide-in, dan banyak lagi.

 

Sebagian besar produk yang menawarkan untuk memblokir pelacak di web menggunakan ekstensi browser yang memungkinkan Anda, pengguna, berinteraksi dengan sistem pelacakan. Biasanya, tombol bilah alat ekstensi menampilkan jumlah pelacak di halaman saat ini. Mengklik tombol itu memberi Anda daftar yang lebih terperinci, terkadang dengan kemampuan untuk memilih pelacak atau jenis pelacak mana yang akan diblokir. Meskipun tidak memerlukan koneksi VPN, Perlindungan Ancaman NordVPN bekerja di bawah tingkat browser, jadi tidak ada cara untuk melihat statistik tentang aktivitas pemblokiran pelacaknya. Kita dapat melihatnya melakukan sesuatu—kita hanya tidak dapat memverifikasinya sebagai fakta empiris.

 

Kecepatan dan Performa

Saat Anda menggunakan VPN, itu akan memengaruhi kinerja penjelajahan web Anda. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh VPN, kami melakukan serangkaian tes kecepatan menggunakan alat Ookla Speedtest. Kami menjelaskan metodologi kami dalam artikel kami tentang Bagaimana Kami Menguji VPN.

 

Pada tahun 2022, kami menemukan NordVPN mengurangi hasil tes kecepatan unduh sebesar 3,4% dan mengurangi hasil tes kecepatan unggah sebesar 4,4%. Itu hanya memiliki peningkatan 1,4% pada skor latensi — kemungkinan akibat dari koleksi servernya yang besar.

 

Anda dapat menemukan rincian lengkap hasil tes kecepatan kami di fitur kami pada VPN tercepat. Meskipun demikian, kecepatan seharusnya bukan satu-satunya kriteria yang Anda gunakan untuk memilih VPN. Nilai, kemudahan penggunaan, dan komitmen terhadap privasi adalah faktor yang lebih penting. Namun, NordVPN menganggap mengukur kecepatan VPN sangat penting dan telah merilis alat sumber terbuka (Buka di jendela baru) sehingga siapa pun dapat melakukannya. Kami tidak setuju dengan semua pandangan NordVPN tentang pengujian kecepatan dan lebih memilih pendekatan yang lebih nyata. Namun, pekerjaan semacam ini untuk menstandardisasi dan mengungkap evaluasi VPN sangat dibutuhkan oleh industri dan kami bersyukur melihat investasinya.