Saat sebuah balok dipotong pada rusuk - rusuk tertentu, maka akan tercipta sebuah jaring - jaring yang terdiri dari satu atau dua jenis bangun datar penyusun balok itu sendiri. Karena pada dasarnya balok bentuknya memanjang, maka sesuai gambar terlampir, dipastikan ada bangun datar persegi panjang dalam jaring - jaring balok.

Bangun datar yang menyusun jaring-jaring balok berbentuk

Bangun datar yang menyusun jaring-jaring balok berbentuk

A. persegi

B. belah ketupat

C. layang-layang

D. persegi panjang

 

Penyeleseian

Bangun datar yang menyusun jaring – jaring balok berbentuk Persegi Panjang (D)

 

Saat sebuah balok dipotong pada rusuk – rusuk tertentu, maka akan tercipta sebuah jaring – jaring yang terdiri dari satu atau dua jenis bangun datar penyusun balok itu sendiri. Karena pada dasarnya balok bentuknya memanjang, maka sesuai gambar terlampir, dipastikan ada bangun datar persegi panjang dalam jaring – jaring balok.

Trending:  Jelaskan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara

 

Penjelasan :

Jaring–jaring bangun ruang merupakan pembelahan sebuah bangun ruang yang berkaitan, dan jika digabungkan akan menjadi sebuah bangun ruang tertentu.

 

Karena merupakan pembelahan dari bangun ruang, jaring – jaring harus memenuhi beberapa syarat tertentu, antara lain :

  • Kesesuaian bangun datar yang menyusun bangun ruang tersebut. Bentuk jaring – jaring bangun ruang satu dengan lainnya berbeda karena bangun datar yang menyusun bangun ruang tersebut juga berbeda. Maka, sebelum kita memastikan bentuk dari jaring – jaringnya, kita harus paham susunan sisi – sisi pada bangun ruang tersebut.
  • Kesesuaian ukuran sisi yang akan menjadi rusuk. Terkadang jaring – jaring dua bangun ruang jenis A bisa berbeda karena ukurannya. Oleh karena itu, perlu ditekankan ukuran dari bangun ruang yang dimaksud agar sisi pada jaring – jaringnya memiliki ukuran yang bersesuaian.
  • Kesesuaian letak sisi saat disatukan. Jaring – jaring suatu bangun ruang dengan jenis tertentu bisa bermacam – macam. Namun, kita harus memastikan bagian – bagian dari jaring – jaring tersebut menjadi sisi yang mana, menjadi rusuk yang mana, dan menjadi titik sudut yang mana.
Trending:  Tentukan pH larutan penyangga yang dibuat dengan mencampurkan 50mL larutan CH3COOH 0,1 M dengan 50mL larutan NaCH3COO 0,2 M?