Sikap akhir yang tepat setelah melakukan pukulan smash dalam permainan bola voli adalah

Sikap akhir yang tepat setelah melakukan pukulan smash dalam permainan bola voli adalah

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal sikap akhir yang tepat setelah melakukan pukulan smash dalam permainan bola voli adalah

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Sikap akhir yang tepat setelah melakukan pukulan smash dalam permainan bola voli adalah

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Sikap akhir yang tepat setelah melakukan pukulan smash dalam permainan bola voli adalah elakukan pendaratan dengan menggunakan kedua kaki secara bersamaan, kedua lutut sedikit di tekuk dan tubuh mengeper.

Baca Juga:  Gerakan yang berulang-ulang memindahkan tubuh disebut gerak

 

Pembahasan

Teknik smash merupakan salah satu teknik dasar yang terdapat pada permainan bola voli. Dalam permainan bola voli, teknik smash merupakan salah satu teknik dasar yang digunakan untuk mencetak poin.

 

Teknik smash adalah gerakan memukul bola dengan sekuat tenaga di ikuti dengan gerakan melompat dengan harapan bola tidak dapat dihalau dan diterima oleh lawan dan menghasilkan poin. Dalam permainan bola voli, teknik smash dilakukan oleh pemain yang berposisi sebagai smasher atau spiker.

Baca Juga:  Dalam permaian bulu tagkis pukulan lob adallah pukulan yang jatuhnya shuttlecock

 

Dalam melakukan teknik smash, terdapat beberapa tahapan gerakan yang harus dikuasai oleh para pemain. Tahapan gerak pada pukulan smash adalah.

 

Tahapan gerak pada pukulan smash bola voli

  1. Awalan.

Awalan dilakukan dengan mengambil beberapa langkah di belakang net. Kemudian lakukan gerakan menuju arah bola dengan langkah lebar.

 

  1. Tolakan.

Tolakan dilakukan dengan kedua kaki secara bersamaan. Tolakan dilakukan dengan menekuk lutut, kemudian lakukan tolakan dengan meluruskan kedua lutut dan dengan kekuatan penuh. Ketika melakukan tolakan, ayunkan tangan pemukul ke belakang kepala untuk persiapan melakukan pukulan.

Baca Juga:  Posisi kaki pada saat melakukan guling depan yang benar adalah

 

  1. Pukulan.

Ketika berada di udara dan bola dalam jangkauan, ayunkan tangan ke arah bola dengan sekuat tenaga dengan perkenaan bola pada bagian atas belakang bola agar laju bola menukik tajam ke arah permainan lawan.

 

  1. Pendaratan.

Pendaratan dilakukan dengan cara menggunakan kedua kaki secara bersamaan, kedua lutut sedikit di tekuk dan tubuh mengeper.