Jumlah pemain softball dalam setiap regu/ tim adalah

Jumlah pemain softball dalam setiap regu/ tim adalah

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Jumlah pemain softball dalam setiap regu/ tim adalah 9 pemain.

 

Penjelasan

Posisi dan Tugas Pemain dalam Softball

Pada dasarnya ada 8 (delapan) posisi dalam permainan softball dengan salah satu posisi yakni outfielders dibedakan menjadi tiga jenis. Berikut adalah penjelasan posisi dan tugas pemain dalam olahraga softball.

 

Batter

Batter adalah posisi pemukul dalam permainan softball. Seorang batter bertugas memukul bola untuk mencetak angka (run) dan berlari ke base, lalu menginjak atau menyentuh semua base secara berurutan kemudian kembali ke home plate.

Baca Juga:  Fungsi mikrotubulus adalah

 

Pitcher

Pemain yang posisinya sebagai pelempar dalam softball disebut dengan pitcher. Tugas utama seorang pitcher adalah melempar bola ke pemukul (batter). Selain itu, pitcher juga bertugas untuk menjaga base pertama dan membantu pemain di belakang home plate.

 

Catcher

Tugas catcher adalah menangkap bola hasil lemparan pitcher yang gagal dipukul oleh batter. Selain itu, catcher juga bertugas untuk menjaga home plate serta melempar bola ke base satu, dua, dan tiga untuk mematikan lawan.

 

First baseman

First baseman merupakan posisi pertahan dalam permainan softball atau sofbol. Tugas seorang first baseman adalah menangkap bola yang dipukul atau dilempar ke arah base pertama.

Baca Juga:  Budi utomo merupakan organisasi pertama di indonesia yang perjuangan lebih bersifat nasionalis dibandingkan organisasi-organisasi perjuangan sebelumnya yang lebih bersifat kedaerahan. Pada tanggal berapa budi utomo itu didirikan

 

Second baseman

Second baseman menempati posisi di antara first baseman dan base kedua, umumnya lebih dekat ke base kedua.

 

Tugas second baseman adalah menjaga wilayahnya, membuat mati pelari (lawan) dengan cara melempar bola ke base satu, serta mematikan pelari di base kedua.

 

Shortstop

Pemain berposisi shortstop menempati area sekitar base kedua sampai base ketiga. Tugas shortstop adalah menangkap semua bola yang mengarah ke wilayahnya. Selain itu, seorang shortstop juga bertugas membantu second baseman menjaga base kedua.

 

Third baseman

Third baseman adalah pemain berposisi di dekat base ketiga sampai posisi belakang shortstop. Tugas third baseman selain menjaga base ketiga adalah mematikan pelari dengan cara melempar bola ke arah first baseman.

Baca Juga:  Gerakan memutar badan dengan salah satu kaki menjadi as/poros putaran setelah menerima bola disebut

 

Outfielders

Outfielders merupakan posisi pemain yang berada di daerah luar (outfield) yaitu area berumput di belakang infield. Ada tiga posisi outfielders yaitu right fielder, center fielder, dan left fielder.

 

Right fielder berada di sebelah kanan area outfield, sementara left fielder menempati sisi sebelah kiri. Tugas keduanya adalah menjaga pukulan bola yang mengarah ke wilayah masing-masing. Center fielder menghuni posisi tengah outfield.

 

Selain harus menjaga area kekuasaannya, seorang center fielder juga bertugas untuk mengarahkan right fielder dan left fielder.

 

Sumber: kompas.com