Senam irama sangat mementingkan unsur

Senam irama sangat mementingkan unsur

KLlK>> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Penyeleseian

Senam irama sangat mementingkan unsur kelentukan, keseimbangan, keluwesan, fleksibilitas, kontinuitas, dan ketepatan.

 

Pembahasan

Senam irama adalah aktivitas olahraga yang dapat menyehatkan dan membuat tubuh menjadi lebih bugar.

 

Dalam melakukannya, aktivitas senam irama dapat dilakukan secara individual maupun berkelompok. Kelentukan, keseimbangan, keluwesan, fleksibilitas, kontinuitas, ketetapan dengan irama merupakan bagian dari unsur-unsur senam irama.

Baca Juga:  Saat akan menangkap bola lurus, glove dihadapkan ke arah

 

Menurut Oktariyana dan Oktariyani dalam Buku Pembelajaran Gerak Senam Berirama Berbasis Multimedia (2018), gerak senam berirama bertujuan untuk meningkatkan kebugaran, kesehatan dan kelenturan tubuh.

 

Berikut adalah penjelasan tentang unsur-unsur dalam senam irama:

Kelentukan tubuh: Kelentukan tubuh berarti bisa menggerakkan tubuh secara leluasa. Hal ini juga berarti bisa menggerakkan sendi dan otot tanpa merasa sakit.

Baca Juga:  Sebuah Lapangan Berbentuk Lingkaran Memiliki Keliling 88 M, Tentukan

Keseimbangan tubuh:  Keseimbangan tubuh berarti seseorang bisa mengontrol dalam keseimbangan tubuh saat sedang melakukan senam irama.

Keluwesan tubuh: Keluwesan tubuh berarti tubuh tidak bersifat kaku saat melakukan senam irama atau dengan kata lain tubuh harus bersifat lentur.

Fleksibilitas tubuh: Fleksibilitas tubuh berarti seorang atau sekelompok pesenam bisa bergerak dengan bebas tanpa takut cedera dan bisa bergerak dengan lincah saat melakukan senam irama.

Baca Juga:  Tujuan dari organisasi budi utomo adalah

Kontinuitas: Kontinuitas berarti gerakan harus dilakukan secara terus menerus tanpa terputus. Jika satu gerakan sudah selesai, maka harus segera pindah ke gerakan lainnya.

Irama: Irama berarti gerakan yang sama. Namun, irama juga berarti tempo yang digunakan. Dalam hal ini, senam irama menggunakan musik dengan tempo yang telah disesuaikan. Biasanya dalam senam irama, menggunakan irama 2/3, 3/4, 4/4, dan lain sebagainya.