Pentingnya memiliki Tanggung Jawab Dalam Diri Seseorang karena dengan adanya tanggung jawab dapat membuktikan bahwa diri kita mampu untuk menjalankan segala aktivitas baik individu ataupun banyak orang. Sikap Tanggung jawab akan dapat menimbulkan kepercayaan orang lain kepada seseorang tersebut, tanggung jawab pula akan menimbulkan sifat lain yaitu mandiri , jujur dan sifat positif lainnya.
image: brainly.co.id

Apa Pentingnya Tanggung Jawab Dalam Diri Seseorang

Soal

Apa Pentingnya Tanggung Jawab Dalam Diri Seseorang

 

Jawaban

Pentingnya memiliki Tanggung Jawab Dalam Diri Seseorang karena dengan adanya tanggung jawab dapat membuktikan bahwa diri kita mampu untuk menjalankan segala aktivitas baik individu ataupun banyak orang. Sikap Tanggung jawab akan dapat menimbulkan kepercayaan orang lain kepada seseorang tersebut, tanggung jawab pula akan menimbulkan sifat lain yaitu mandiri , jujur dan sifat positif lainnya.

 

Penjelasan

Pengertian Tanggung Jawab dan Contoh Sikap Tanggung Jawab – Tanggung jawab adalah sebuah sikap yang wajib kamu miliki dan dibentuk dari kecil. Karena pada saat itulah kamu akan diajarkan tentang tanggung jawab dan memiliki rasa tanggung jawab. Agar kamu dapat membawa sikap tersebut sampai dewasa.

Trending:  Suatu Unsur Dengan Nomor Atom 9, Mempunyai Jumlah Elektron Valensi

 

Terdapat beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan apabila kamu mempunyai rasa tanggung jawab kepada diri sendiri, keluarga maupun negara.

 

Ciri-Ciri Tanggung Jawab

Terdapat beberapa ciri-ciri dari seseorang yang bertanggung jawab. Apa sajakah sikapnya, Berikut dibawah ini adalah ciri-ciri dari seseorang yang bertanggung jawab.

 

  • Menentukan jalan yang benar
  • Selalu tetap memotivasi diri sendiri
  • Tetap menjaga menghormati diri sendiri
  • Tetap waspada
  • Mempunyai komitmen dalam sebuah tugas
  • Menjalankan tugas sesuai standar yang baik
  • Menepati segala janjinya
  • Memiliki keberanian guna menanggung segala resiko yang diperbuatnya.

 

Jenis-Jenis Tanggung Jawab dan contoh sikap bertanggung jawab

Tanggung jawab mempunyai berbagai pemahaman mengenai tanggung beserta contohnya dari beberapa mengenai salah satu sifat yakni tanggung jawab beserta contohnya :

Trending:  Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi berdirinya daulah abbasiyah

 

  1. Tanggung jawab kepada diri sendiri

Tanggung jawab diri sendiri berarti mengambil tanggung jawab untuk diri sendiri dan hanya mengambil tanggung jawab untuk diri sendiri yang mengerti arti dan konsekuensi yang harus Anda lakukan.

 

Contoh tanggung jawab terhadap diri sendiri adalah ketika ingin lulus kuliah tepat waktu dan mendapatkan IPK yang bagus. Maka Anda wajib belajar dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab atas waktu yang tersedia bagi Anda.

 

Anda harus tahu kapan harus bermain dan belajar. Hal ini perlu Anda ketahui agar dapat memenuhi keinginan Anda dan bertanggung jawab atas waktu yang Anda miliki.

 

  1. Tanggung Jawab Kepada Keluarga

Tanggung jawab ini juga merupakan tanggung jawab yang harus dipenuhi seseorang demi keluarganya. Tanggung jawab tidak hanya dapat menjadi tulang punggung, tetapi juga dapat menjadi tanggung jawab seorang anak yang menyelesaikan pendidikannya dan membanggakan orang tuanya.

Trending:  Luas permukaan bola yang memiliki jari-jari 14 cm adalah

 

Contoh tanggung jawab keluarga adalah ketika seorang anak berkewajiban untuk menghormati orang tuanya karena itu adalah bagian dari kewajibannya. Oleh karena itu, anak harus bertanggung jawab terhadap orang tuanya dengan cara mencintai dan menghormatinya.

 

  1. Tanggung jawab terhadap masyarakat

Tentu saja, sebagai orang yang membutuhkan bantuan orang lain, Anda memiliki tanggung jawab yang harus Anda penuhi kepada komunitas Anda di lingkungan tempat Anda tinggal saat ini.

 

Contoh dari tanggung jawab kepada masyarakat yaitu jika terdapat seseorang yang tak mau untuk melakukan kerja bakti sebab malas. Maka dirinya akan mendapatkan teguran dari kepala desa ataupun warga setempat, sebab kerja bakti adalah tanggung jawab terhadap semua anggota masyarakat..

Trending:  Urutan struktur teks ulasan yang benar adalah

 

  1. Tanggung Jawab kepada Tuhan

Berdasarkan Pancasila pada sila satu adalah ketuhanan yang maha esa, maka anda adalah seorang makhluk yang diciptakan oleh Tuhan dengan mempunyai tanggung jawab kepada tuhan kamu

 

Contoh tanggung jawab kepada Tuhan adalah bahwa semua individu beragama berkewajiban untuk memenuhi kewajibannya sebagaimana diatur oleh agamanya. Tidak hanya beribadah, seseorang perlu bersikap baik dan toleran terhadap semua orang.

 

  1. Tanggung Jawab kepada Bangsa dan Negara

Selain menjadi warga negara yang tinggal di negara yang memiliki pemimpin dengan aturan yang ditetapkan oleh negara. Maka Anda akan bertanggung jawab kepada rakyat dan bangsa sebagai warga negara yang baik.

 

Contoh tanggung jawab terhadap tanah air dan bangsa adalah menjaga persatuan, kesatuan, dan cinta tanah air atau bangsa itu sendiri. Tanggung jawab ini dapat dicapai dengan memberikan hasil yang membanggakan negara.

Trending:  Pada mulanya seluruh alat bantu hitung digerakkan secara manual dengan tenaga manusia pada periode

 

Selain itu, Anda dapat melakukannya dengan melestarikan warisan dan cinta tanah air Anda, yang termasuk dalam tanggung jawab untuk menjadi warga negara yang baik.

 

 

Akibat Jika Tidak Melakukan atau memiliki Sikap Tanggung Jawab

Bagi anda yang tidak dapat bertanggung jawab atas suatu hal yang telah dibebankan kepada kamu, maka dapat memberikan dampak negatif antara lain :

 

  • Dikucilkan oleh warga setempat maupun orang terdekat anda
  • Menjadi perbincangan oleh warga di lingkungan tempat tinggal anda
  • Memperoleh banyak teguran ataupun hingga cacian dari masyarakat
  • Tidak akan dihargai orang atas apa saja yang telah anda lakukan
  • Tidak akan dianggap menjadi bagian dari warga pada lingkungan tempat tinggal anda